Antena pada nokia


Pada awal-awal telephon seluler beredar, handset yang diperdagangkan masih dilengkapi dengan antena. Tak pernah ada yang memikirkan bahwa antena tipis tersebut sesungguhnya sangat mengganggu konsumen. Seperti kebanyakan produsen barang-barang teknologi tinggi, Nokia pun hanya tertarik dengan teknologi.Tetapi bagi "Erkki Kuisma", hal ini sungguh mengganggu. Teknisi pada kantor pusat Nokia itu pun segera melakukan penelitian terhadap frekuensi gelombang radio.
Setelah berbincang dengan konsumen, ia sampai pada sebuah gagasan yang dianggap gila oleh orang-orang internal Nokia saat itu: "Bagaimana kalau antena itu disembunyikan didalam handset sehingga tidak perlu mencuat keluar". Erkki sampai pada gagasan itu karena sering mendengar keluhan konsumen yang handsetnya rusak karena antenanya patah, melengkung, ataupun terlepas.
Di lab-nya di Finlandia, Erkki segera mencopot antena itu, memotong-motongnya, dan menutup lubang handset itu. Setelah ia menata ulang bentuk casing-nya dengan alat-alat seperti blow-dyer. Antena baru yang lebih ramping diletakan di dalam tubuh handset bisa bekerja dengan baik!.
kini gagasan itu harus diwujudkan menjadi produk yang dipekerjakan oleh devisi produksi dan dibawa ke pasar oleh devisi pemasaran. Tetapi Erkki memperoleh banyak hambatan. Orang-orang produksi dan pemasaran resisten terhadap gagasan itu. Mereka khawatir konsumen tak mau membeli handset yang tidak ada antenanya. Dibantu oleh atasanya, Yrojo Neuvo,, merekamelakukan presentasi di mana-mana. Di unitpemasaran, R&D, riset meja direksi, dan seterusnya.
Debut perdebatan soal antena itu akhirnya diwujudkan lewat Nokia seri 8800. Produk ini teryata menjadi unggulan di Nokia dan memberikan keuntungan terbesar dalam sejarah Nokia .

(Sumber: Paul Kaihla, "Nokia's Hit Factory" business 2.0 - Agugust 2002)

9 Response to "Antena pada nokia"

  1. Anonim says:

    wah sama seperti hp saya nich... masih ada antenanya :(

    :))modemku juga pakai antena kok bozz...lumayan isa jadi multi fungsi klo habis makan isa jadi pengganti tusuk gigi=))=))

    Yahya says:

    hahaha....la sampean sebenernya siapa lo?hehe

    baru tau nih sejarahnya,..ma kasih sob infonya..

    :Xhadir di pagi hari sobatku yang imut imut 8-} Selamat tunaikan ibadah puasa...

    silaturahim [ blog tips n tricks ]
    http://kelirirenk.co.cc

    netmild says:

    emang antena ngaruh ya kok baru tau ya tapi dengan perkembangan jaman antena udah ulang tuh

    blekok says:

    nice blog..thxs

    Sebagian HP dengan antena luar penerimaan sinyalnya lebih bagus lho...apalagi bisa multi fungsi.
    Coba saja balik tuh HP n pegang antenanya. Jilati tuh HP dan silahkan menikmati es krim HP...!!Just Kidding.!!

Posting Komentar